Berita

Berita Thumbnail
Rabu, 12 Agustus 2020
Oleh: Admin

Pembukaan Kerja Praktek Mahasiswa Teknik Perminyakan.

Program studi Teknik Perminyakan FTKE Usakti telah melaksanakan Program Kerja Praktek serentak di seluruh wilayah kerja PT. Pertamina EP mulai dari lapangan minyak pada PT. Pertamina EP Asset 1 (Sumatera) hingga PT. Pertamina EP Asset 5 (Kalimantan) pada tanggal 01 Agustus 2020. Kegiatan Kerja Praktek ini dilaksanakan selama 1 (satu) bulan, Yaitu tanggal 01 – 31 Agustus 2020.

Salah satu acara pembukaan Kerja Praktek yaitu di wilayah kerja PT. Pertamina EP Asset 4 bekerjasama dengan PPSDM Migas (Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas) Pusdiklat Cepu, Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester 6 dan 7 Program Studi Teknik Perminyakan dan beberapa dosen pembimbing.


Kegiatan ini dibuka oleh *Bapak Ir. Sulistyono* selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan Sarana dan Prasarana Pengembangan Sumber Daya Manusia MIGAS dan *Bapak Ir. Abdul Hamid, MT* selaku ketua program studi Teknik Perminyakan.


Dalam kegiatan Kerja Praktek ini, mahasiswa diperkenalkan dan diajarkan mulai dari praktek proses eksplorasi awal (geologi), proses pemboran secara tradisional maupun modern dengan menggunakan teknologi pemboran terbaru seperti pemboran dengan top drive, cara penanggulan Dan mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada proses pemboran dan produksi dengan menggunakan alat simulasi-simulasi pemboran dan produksi serta proses refinery (pengilangan) migas.


Diharapkan dari kegiatan ini mahasiswa dapat menyerap semua ilmu yang telah disampaikan oleh para instruktur dan dosen pembimbing lapangan, sehingga dapat diaplikasikan di dunia kerja. Aamiin YRA.


Sumber : Koordinator KP & KL Prodi T. Perminyakan.